Rabu, 24 Agustus 2011

Cokelat Monggo

Produk cokelat yang beredar saat ini sudah banyak. Namun, mungkin banyak yang menginginkan produk cokelat buatan dalam negeri. Atau ada yang menginginkan cokelat yang unik dan memiliki berbagai macam variasi baik jenis maupun rasa. Atau ada pula yang menginginkan cokelat yang berbau etnis atau kedaerahan. Kira-kira adakah produk cokelat seperti itu?

Ada. Salah satu cokelat tersebut bernama Cokelat Monggo. Dari namanya, mungkin sudah banyak yang bisa merasa bahwa cokelat tersebut berasal dari Jawa. Ya, Cokelat Monggo memang berasal dari Yogyakarta.Tepatnya di wilayah Kotagede.

Dari luarnya, nuansa Jawa masih terasa sekali. Ornamen-ornamen di pembungkusnya benar-benar menandakan bahwa Coklat Monggo ini berasal dari Jawa. Bahkan, ada produk Coklat Monggo yang dinamai dengan nama-nama wayang. Meski demikian, Coklat Monggo tetap terbuat dari coklat kelas dunia. Jadi, tak perlu ragu dengan kualitasnya. Komposisi coklatnya cukup dominan sehingga rasanya sedikit pahit namun karena itulah coklat ini jadi berasa 'coklat banget'.

Jenis produk Coklat Monggo pun bermacam-macam. Bentuknya ada yang berupa chocolate bar, tablet, dan praline. Variasi rasanya pun bermacam-macam. Ada varian rasa 'standar' seperti dark chocolate, cashew nuts, atau caramel. Selain itu banyak tersedia varian rasa coklat buah seperti strawberry, orange peel, sampai durian. Yang cukup aneh adalah red chili, varian coklat dengan sensasi pedas, dan juga ginger, varian coklat dengan sentuhan rasa jahe. Selain itu ada pula varian khusus di hari tertentu. Misalnya, menjelang Idul Fitri ini ada varian coklat kurma.


Bagi yang ingin membeli Cokelat Monggo sebagai souvenir dapat memilih souvenir bars. Produk yang variannya diberi nama-nama khas Jawa seperti becak, wayang punakawan (Semar, Gareng, Petruk), dan Borobudur ini memang diperuntukkan untuk oleh-oleh. Isinya sendiri sebenarnya sama dengan varian biasa. Namun, tentu saja kesan wah dan spesial sangat kentara di souvenir bar ini. Atau, ingin memberikan Coklat Monggo untuk momen spesial? Bisa juga mendapatkan Coklat Monggo dengan kemasan khusus yang diinginkan.

Jika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke pusat Coklat Monggo. Letaknya di Kotagede, tidak jauh dari kawasan Makam Raja-raja Mataram. Di sana, selain bisa membeli produk-produk Coklat Monggo, kita juga bisa melihat langsung pembuatan coklatnya. Memang bukan dari awal, hanya sebatas pengolahan akhir dan finishing-nya saja. Tapi, cukuplah untuk mengintip di balik dapur coklat ini.

Tapi jika tidak sempat, jangan khawatir. Sekarang produk Cokelat Monggo sudah tersebar ke berbagai daerah di seluruh Jawa, dan segera menyebar ke Sumatera. Ingin merasakan coklat yang beda? Coklat Monggo patut dicoba.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar