Rabu, 26 September 2012

Pantai Selili - Sadranan

Setelah berkali-kali melewatkan momen liburan, akhirnya kali ini bisa kembali lagi merasakan berkelana ke tempat-tempat menarik di Yogyakarta :D Seperti yang sedang menjadi 'mainstream' di kalangan wisatawan, kali ini yang jadi tujuan adalah pantai-pantai di sebelah timur Yogyakarta. Pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memang terkenal dengan pasir putih, karang, dan tebing yang menambah keindahan di pantai tersebut.

Namun kali ini, tujuan saya bukanlah pantai yang sudah banyak dikenal seperti Krakal, Kukup, Baron, Sundak, Siung, Indrayanti, dan lain sebagainya. Pantai yang saya dan teman-teman kunjungi adalah dua pantai yang mungkin masih asing di telinga orang-orang. Pantai tersebut adalah Pantai Selili/Slili dan Pantai Sadranan.



Kedua pantai ini secara kebetulan letaknya bersebelahan. Seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul, kedua pantai ini dipisahkan oleh sebuah tebing. Secara umum, dua pantai ini adalah pantai yang cocok bagi wisatawan yang ingin menceburkan diri ke air laut karena ombak yang sampai ke bibir pantai tidak terlalu besar, bahkan bisa dibilang sudah tidak ada. Mari kita lihat masing-masing pantai ini.

Pantai pertama yang dikunjungi adalah Pantai Selili. Pantai ini tergolong sangat kecil dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Meski demikian, pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda. Jangan harap bisa leluasa main pasir di sini. Pantai ini memang lebih didominasi oleh karang-karang yang jika air surut akan terlihat jelas. Di sela-sela karang-karang ini juga terhampar tumbuhan laut dan biota laut seperti bulu babi, ubur-ubur, kepiting, dan ikan.




Selanjutnya kami berpindah ke Pantai Sadranan yang terletak di sebelahnya. Pantai ini masih didominasi oleh pasir sehingga pengunjung bisa memuaskan keinginannya untuk bermain pasir. Tepat beberapa meter di depan bibir pantai terdapat karang-karang yang menghalangi ombak untuk sampai di bibir pantai. Sehingga, air laut yang ada di bibir pantai sudah tenang dan bisa digunakan untuk berendam. Pantai ini juga nyaman untuk beristirahat dengan adanya payung warna-warni yang menghiasinya.


Sama seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul, kedua pantai ini berjarak sekitar 75km dari Kota Yogyakarta, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Kedua pantai ini terletak tepat di sebelah timur Pantai Krakal. Untuk masuk ke Pantai Selili, pengunjung dapat masuk melalui Pantai Krakal kemudian berjalan terus ke arah timur sampai menemukan Pantai Selili. Sedangkan untuk masuk ke Pantai Sadranan terdapat gerbang sendiri. Namun pengunjung dapat pula berjalan kaki dari Pantai Selili dengan menaiki tebing yang sudah terdapat tangga, sehingga medan jalannya tidak terlalu berbahaya.



Rasanya kedua pantai ini sayang jika dilewatkan saat menjelajahi pantai-pantai di Gunungkidul. Pemandangan dan panorama yang berbeda menjadi daya tariknya sendiri. Mungkin bagi yang akan berlibur ke Yogyakarta, kedua pantai ini bisa jadi referensi kunjungan yang menarik bagi anda.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar