Minggu, 14 November 2010

Benteng Vredeburg

Semua orang mungkin udah tau tentang benteng peninggalan Belanda yang satu ini. Terletak di nol kilometer kota Yogyakarta, udah pasti ini tempat banyak diliat oleh orang-orang, terutama yang habis shopping-shopping (halah...) di Malioboro. Tapi, mungkin belum pada tau apa aja sih yang ada di dalemnya?

Banyak! Yang pasti ada ruang-ruang diorama. Buat yang belum tau, diorama itu adalah 'replika' suatu peristiwa, lengkap dengan penjelasan bahkan beberapa juga disertai dengan 'suara' yang tentunya bakal menambah pemahaman dan daya tarik diorama tersebut. Waw :o . Total ada 4 ruang diorama, dan tiap ruang diorama menampilkan kelompok peristiwa yang berbeda. Umumnya sih peristiwa sejarah yang terjadi di seputar jogja. Apa aja tuh? Kalo mau tau liat sendiri dong :p

Udah itu doang? Ya nggak lah... Tentunya masih banyak hal yang bisa kalian dapetin. Bisa diliat dari gambar di bawah ini:


Bukan...itu bukan foto jadul. Tapi itu cuma foto di lorong-lorong Vredeburg. Keliatan jadul kan? Tapi jadul yang keren. Emang, begitu masuk sana, suasana old school-nya kerasa banget apalagi di ruang-ruangnya.

Kalo buat foto-foto, tempat ini emang yahud banget. Di setiap sudutnya terhampar pemandangan yang indah dan tentunya klasik. Liat aja nih, berasa di luar negeri aja :o



Dan karena ini dulunya benteng, jangan heran kalo banyak area-area yang 'tak terduga'. Contohnya, kita bisa naik ke atas benteng. Dari atas benteng itu kita bisa liat banyak hal, mulai dari dalem benteng, nol kilometer, sampai taman cantik yang berada di samping benteng ini.


Vredeburg juga kadang dipake buat acara-acara yang Jogja banget...salah satunya yang lumayan sering ngambil tempat di sini adalah FKY (Festival Kesenian Yogyakarta). Yah emang, meski ini peninggalan Belanda, tapi benteng satu ini udah melekat dengan Yogyakarta.


Tertarik? Dateng aja ke benteng ini. Kalo kamu ke Malioboro, tinggal luruuuuus aja sampe hampir perempatan. Tengoklah kiri jalan dan temukanlah benteng ini. Selamat menikmati :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar