Selasa, 03 April 2012

Format Factory

Saat ini format video, musik, maupun gambar digital sangatlah beragam. Setiap format memiliki kelebihan, kekurangan, dan kompatibilitasnya masing-masing. Tak jarang pula, terkadang kita ingin mengubah file video, musik, maupun gambar dari satu format ke format yang lain, atau hanya sekedar mengecilkan ukurannya saja. Untuk itu dibutuhkan aplikasi converter yang dapat mengubah format dan ukurannya.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi converter yang gratisan (freeware). Salah satu yang cukup lengkap adalah Format Factory. Jika biasanya suatu converter hanya bisa mengkonversi file video, musik, atau gambar saja, Format Factory mendukung konversi ketiganya sekaligus. Pilihan format dan ukuran yang disediakan juga lengkap. Mulai dari file yang umum digunakan sampai yang jarang digunakan. Format Factory juga menyediakan template format dan ukuran untuk mobile device.



Pada saat akan mengkonversi suatu file, kita dapat memilih format dan ukuran yang telah tersedia. Setelah itu, jika masih kurang puas, ukuran-ukuran file seperti resolusi, bitrate, dan fps-nya juga dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Selain itu juga terdapat video dan audio joiner untuk menggabungkan beberapa file jadi satu file.


Secara umum Format Facory dapat dibilang cukup, bahkan sangat lengkap. Hanya saja imbasnya, aplikasi ini menjadi cukup berat dan sangat memakan daya, terutama saat mengkonversi file-file berukuran besar. Jika ingin mencobanya sendiri, langsung saja menuju ke http://www.formatoz.com/.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar