Selasa, 11 Oktober 2011

Selamat Ulang Tahun ke-255 Jogja!

7 Oktober merupakan hari yang paling dinanti oleh seluruh warga Yogyakarta. Ya, karena pada tanggal tersebut kota tercinta kami itu merayakan hari jadinya. Karena hari jadi kota Yogyakarta diperingati sejak 7 Oktober 1756, maka tahun ini adalah hari ulang tahun yang ke-255. Hari jadi kota Yogyakarta ini sendiri diambil dari tanggal kepindahan Sri Sultan Hamengku Buwono I ke Kraton Kasultanan Ngayogyakarta yang sekarang ini.

Perayaan hari jadi kota Yogyakarta ini sendiri diawali dengan Night Riding. Para pesepeda dari seluruh penjuru Yogyakarta berkumpul di Tugu Yogyakarta pada tanggal 6 Oktober dini hari. Tepat saat pergantian hari, peringatan pun dimulai. Pertunjukan laser mewarnai peringatan HUT Yogyakarta ini.

Siang harinya, warga Yogyakarta kembali disuguhi rangkaian perayaan HUT Yogyakarta, yaitu Pawai Mozaik Yogyakarta. Pawai ini dimulai dari Alun-alun Kota Yogyakarta dan berakhir di Balaikota Yogyakarta mulai dari pukul 14.00. Selain pawai, masih ada pula lomba menek jambe (panjat pinang).

Namun perayaan ini belumlah selesai. Masih ada Festival 45 Kelurahan. Ya, semua kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta ini akan mengadakan pentas seni. Festival 45 Kelurahan ini berlangsung antara 8-21 Oktober, tergantung tanggal yang ditetapkan masing-masing kelurahan.

Dan acara puncaknya nanti adalah Jogja Java Carnival. Ini adalah acara rutin yang diselenggarakan sejak tahun 2008. Tahun ini Jogja Java Carnival mengusung tema 'Magniworld', di mana akan ada keajaiban dunia di dalamnya. Masih dengan rute yang sama, dari Malioboro sampai Alun-alun Utara, Jogja Java Carnival tahun ini akan diselenggarakan tanggal 22 Oktober 2011 mulai pukul 19.00 sampai selesai.

Semua rangkaian acara ini tentu saja hanya berlangsung setahun sekali. Jangan lewatkan semua kemeriahan ini. Dan tentunya, mari bangun Jogja yang lebih baik. Selamat ulang tahun, Jogja!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar