Jumat, 14 Januari 2011

Sekaten

Ini dia salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu seluruh masyarakat Jogja. Sekaten! Ya, acara yang sejatinya diadakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad ini emang udah melekat banget di hati semua warga Jogja. Kurang lebih selama 40 hari sebelum peringatan Maulid Nabi Muhammad, acara yang juga dikenal sebagai 'pasar malam' ini diadakan di Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta, dan juga di Alun-alun Surakarta.

Di Jogja sendiri, Sekaten dari tahun ke tahun mengalami berbagai perubahan. Sempat pula pada sekitar tahun 2000-an awal, Sekaten dibuat indoor. Waw! Lalu bagaimana untuk tahun ini? Sepertinya konsep kali ini ingin keblai ke outdoor, hehe. Tapi dengan konsep outdoor ini, menurut penulis sendiri sih malah lebih terasa merakyat, hehe.


Meski konsepnya berubah-ubah, tapi dalemnya tetep sama. Namanya juga pasar malam, pasti banyak orang jualan, hehe. Banyak orang jualan di sini, mulai dari jualan baju, sepatu, makanan, sampai ada yang jualan jasa. Jasa? Hehe, jasa di sini maksudnya adalah pemberian pelayanan di sini, misalnya ada pelayanan perpanjangan STNK yang diberikan langsung oleh pemerintah. Selain itu ada juga stand dari tiap kecamatan di Kota Yogyakarta, dan juga stand-stand dari Kabupaten lainnya. Wah, bener-bener jadi wadah kreativitas masyarakat.



Tapi tetep, yang paling menarik perhatian adalah permainannya. Jangan salah, permainannya bukan cuma buat anak kecil aja lo. Malah, sebagian permainan kayaknya terlalu bahaya buat anak-anak, hehe. Bayangin aja gimana kalo anak-anak naik permainan semacam Kora-kora atau Flying Fox? Ngeri kan? Hehe... Selain itu juga masih banyak permainan lain seperti bianglala, komidi putar, rumah hantu, dan kereta mini.


Selain itu juga ada panggung kesenian. Di sini ya isinya pertunjukan seni dan budaya. Biasanya pertunjukan seni budaya ini adanya tiap sore sampe malem. Nah, yang seru, 7 hari menjelang Maulid Nabi, Gamelan Kraton bakal keluar dan dimainkan di Sekaten.


Pengen liat Sekaten? Jangan khawatir. Sekaten baru aja mulai. Tepatnya tanggal 7 Januari kemarin. Dan akan berakhir saat Maulid Nabi Muhammad tanggal 15 Februari mendatang. Jadi, belum terlambat kalo mau ke sini. :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar